Home » » Penjualan Toko Online Anda Menurun? Ini Solusinya

Penjualan Toko Online Anda Menurun? Ini Solusinya

Oleh: Unknown - Rabu, 04 Maret 2015 | 12:55 PM

Toko Online
Semua Toko Online pernah mengalami masa dimana tidak menunjukkan angka penjualan yang baik, alias hanya sekedar balik modal. Bahkan, tidak sedikit yang justru merugi. Angka penjualan di toko online mestinya diperjuangkan oleh penjual dari hari ke hari, dari transaksi ke transaksi. Seandainya usaha pemasaran telah maksimal namun angka penjualan tetap atau bahkan menurun, apa yang harus dilakukan pemilik toko online?

Sedikitnya ada empat hal yang bisa Anda lakukan ketika angka penjualan di toko online menurun.
  • Analisis penyebab. Cari tahu apa penyebab permintaan konsumen menurun? Apakah karena kurang efektif melakukan pemasaran? Apakah kompetitor produk sejenis jumlahnya banyak? Seberapa kuat brand awareness toko online di mata konsumen? Atau, apakah kualitas produk masih belum maksimal sehingga konsumen enggan melakukan repeat order? Dalam konteks ini, temukanlah alasan mengapa angka penjualan menurun, kemudian pilih solusi yang relevan untuk permasalahan Anda.
  • Lakukan inovasi produk. Jika disebabkan oleh kualitas produk yang belum maksimal, ada baiknya Anda menginovasikan produk Anda. Memperbaiki kualitas, menambah nilai mamfaat, serta hal-hal lain yang bisa mengunggulkan produk Anda akan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Menginovasikan produk membuat toko online Anda menjadi spesial dan unik, sebab tidak ada toko online lain yang mendagangkan produk yang Anda inovasikan tersebut. Karena tidak dijual di toko online lain, mau tak mau konsumen akan membeli di toko online Anda.
  • Analisa kompetitor. Apa yang menyebabkan kompetitor Anda memiliki angka penjualan yang lebih baik? Mengapa konsumen lebih memilih berbelanja di toko online kompetitor? Tidak ada salahnya Anda memahami dan juga menerapkan strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor. Jika strategi tersebut membuat kompetitor sukses, bukannya tidak mungkin strategi yang sama akan membantu menaikkan angka penjualan di toko online Anda.
  • Tingkatkan pelayanan. Selain kualitas produk, pembeli akan menjadi loyal seandainya ia mendapatkan pengalaman menyenangkan saat berbelanja di toko online. Salah satu cara menyenangkan pelanggan adalah dengan pelayanan yang memuaskan. Cara Anda berinteraksi dengan konsumen, seberapa cepat Anda menanggapi pertanyaan dan pesanan pembeli, apakah Anda tepat waktu mengirimkan pesanan; adalah hal-hal yang bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Berikan pelayanan yang baik agar pembeli setia berbelanja di toko online Anda. Transaksi yang dilakukan oleh para konsumen loyal ini tentunya akan meningkatkan angka penjualan di toko online Anda. 

sumber :  netpreneur.co.id
Share :

0 komentar: